Kamis, 15 Desember 2011

"Teacher's Simulation on Developing Problem Solving-Based Mathematics Textbook in Vacational Senior High School Mathematics Teaching in Indonesia"

Karya: Mr. Marsigit and R. Rosnawati

Kesimpulan Bacaan:
(oleh: Lina Febriani/10305141007)

SMK menyiapkan siswa untuk menguasai sejumlah kemampuan kejuruan khusus yang nantinya dibutuhkan untuk pekerjaan. Penyediaan buku pelajaran matematika merupakan salah satu kebijakan penting untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Usaha pengembangan buku matematika SMK sebaiknya selalu meletakkan perhatian pada kriteria buku, yaitu sistematis, lengkap dengan latihan dan sistem taksiran, menarik untuk diperlihatkan, penampilan dan ilustrasi serta susunannya bagus, bersangkutan dan dapat dipakai dalam kehidupan, sesuai konteks buku, sesuai kurikulum dasar, terdiri dari pemecahan masalah dan dapat meningkatkan aktivitas belajar. Selain itu, guru matematika sebaiknya mempunyai gambaran jelas bagaimana berencana dan mengimplementasikan dikelas, seperti aktivitas pemecahan masalah, komunikasi matematika, penyajian matematika, susunan isi yang tepat dan relavan, ketertarikan siswa dan kemampuannya, nateri mudah untuk diikuti dan dipahami. Pengembangan penampilan atau desain buku sebaiknya memenuhi objek yang diberikan disetiap bagian, mengembangkan hubungan dan kegunaan tabel, mendefinisikan beberapa kunci masalah.
Pemecahan masalah buku matematika di SMK dapat dikembangkan dengan kriteria sebsgsi berikut: (1)Latihan; (2)Membuat diagram; (3)Mencoba masalah sederhana; (4)Membuat tabel; (5)Menemukan polanya; (6)Mencapai tujuannya; (7)Mempertimbangkan kemungkinan; (8)Berfikir dengan logika; (9)Mengidentifikasi kemungkinan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar