Ditulis Oleh: Marsigit, Mathilda Susanti, Elly Arliani
Dengan memperbaiki kualitas mengajar adalah salah satu tugas yang sangat penting dalam meningkatkan standar pendudukan di Indonesia. Dalam proses pembelajaran, para peneliti telah berusaha untuk mengungkap gambaran di mana guru diupayakan untuk mempromosikan metode matematika dalam mempelajari jumlah luas permukaan tabung dan bola serta volume kerucut. Menurut hasil penelitian, metode matematika siswa dapat ditelusuri melalui skema kegiatan belajar mengajar sebagai berikut: 1)Masalah Pembentukan dan Pemahaman muncul ketika para siswa mengamati model tabun, bola dan kerucut; mengidentifikasi komponen-komponen, mendefinisikan konsep, serta mendapat pertanyaan dan pemberitahuan dari guru untuk mencari konsep-konsep tabung, bola, dan kerucut. 2)Penetapan pandangan muncul ketika para siswa menggunakan model beton untuk mencari jumlah luas tabung, bola dan volume kerucut; mempelajari bahwa tinggi tabung sama dengan lebar persegi panjang dan keliling lingkaran sama dengan panjang persegi panjang; serta memahami prosedur bagaimana untuk mencari volume kerucut. 3)Solusi pelaksana muncul ketika para siswa mencoba untuk mengetahui luas selimut tabung, jumlah luas tabung, daerah lingkup dan mengumpulkan data dari pengukuran volume kerucut dibandingkan dengan volume tabung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar